KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT OLEH MAHASISWA S3 KESEHATAN MASYARAKAT DI PULAU KANGEAN, MADURA TENTANG PENILAIAN DAN EDUKASI INTERPRETASI STATUS GIZI BALITA STUNTING SERTA GIZI KELUARGA

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang melibatkan mahasiswa prodi S3 Kesehatan Masyarakat, dan Sekolah Farmasi ITB, dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juni 2023. Sasaran kegiatan adalah masyarakat umum, kader, dan petugas posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Arjasa, Madura. Bentuk kegiatan penyuluhan gizi seimbang dan edukasi interpretasi status gizi balita.

Kegiatan tanggal 22 Juni 2023 dilaksanakan di Pulau Kangean diikuti 50 peserta, dan kegiatan tanggal 23 Juni 2023 dilaksanakan di Pulau Mamburit, diikuti 90 orang peserta. Materi penyuluhan meliputi psikologi remaja yang disampaikan oleh seorang psikolog, “Gizi Keluarga dan Gizi Remaja” disampaikan oleh Nining Tyas Triatmaja (mhs S3 Kesmas), dan kegiatan penyuluhan mengenai praktik “Penilaian dan Edukasi Interpretasi Status Gizi Balita dan Skrining Balita Stunting”, serta penyegaran dengan materi prinsip pemberian makanan yang baik.

Berdasarkan hasil pre-test dan post-test terdapat peningkatan pengetahuan peserta, masyarakat sudah mampu menjelaskan prinsip pemberian makanan yang baik, masyarakat sudah mampu menjelaskan prinsip konsumsi makanan manis, asin, dan lemak, mampu menjelaskan akibat jika makan dengan gizi yang tidak seimbang, serta mampu melakukan penilaian status gizi balita dan menginterpretasikan hasil penilaian status gizi balita, menentukan indikator balita stunting.

 

Leave a Reply