LULUSAN S3 KESEHATAN MASYARAKAT TEMUKAN CARA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI KONTAK DAN PENEMUAN KASUS PADA TUBERKULOSIS PARU

0

FKM News – Pada Kamis, 5 Maret 2020 menjadi salah satu hari yang dinantikan oleh Promovendus I Wayan Gede Artawan Eka Putra.,dr.,M.Epid. Melalui penelitian disertasi yang berjudul “Model Edukasi Komprehensif untuk Meningkatkan Partisipasi Kontak dan Penemuan Kasus pada Investigasi Kontak Tuberkulosis Paru” tersebut, Dr. Artawan dinyatakan lulus S3 dengan predikat Cumlaude (Dengan Pujian) dan menjadi  lulusan ke-237 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Model Edukasi Komprehensif untuk Meningkatkan Partisipasi Kontak dan Penemuan Kasus pada Investigasi Kontak Tuberkulosis Paru” adalah :

  1. Penelitian ini membuktikan bahwa health belief model untuk menjelaskan perilaku pengobatan terkait TB terutama partisipasi kontak mengikuti pemeriksaan perlu dilengkapi dengan keyakinan stigma. Keyakinan stigma adalah keyakinan tentang dampak sosial TB yang dirasakan dan berasal dari stigma masyarakat terhadap TB. Keyakinan stigma tidak dapat digabungkan dengan keyakinan keseriusan karena memiliki arah berpengaruh berbeda. Keyakinan stigma juga tidak dapat gabung ke dalam keyakinan hambatan karena sumbernya berbeda.
  2. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap partisipasi berbeda menurut karateristik kelamin dan jenis wilayah demografi. Penjelasan tentang faktor perilaku pencarian pengobatan menurut health belief model penting ditambahkan kekhususan faktor menurut karateristik
  3. Dalam implementasi program penanggulangan TB, hasil penelitian ini menghasilkan kebaruan buku pedoman edukasi komprehensif. Edukasi komprehensif ini tidak hanya untuk kontak tetapi dapat diberikan kepada terduga TB pada populasi berisiko lain. Buku ini juga dapat memperkuat program TB dengan pendekatan keluarga.
  4. Kebarun dalam kekhususan tujuan edukasi komprehensif untuk meningkatkan partisipasi kontak mengikuti pemeriksaan

Suasana haru terasa ketika Dr. I Wayan Gede Artawan Eka Putra, dr., M.Epid mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran studi, terutama kepada keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Dr. Artawan juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak FKM UNAIR.

 

Kontributor    : Nur Adelia Septiana Devi

Editor              : Dian Fristyawati

Leave a Reply