Model Capacity Building Sanro Sebagai Personal Reference Guna Keberhasilan Menyusui pada Suku Bugis di Kabupaten Maros

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Rabu, tanggal 31 Juli 2019 dengan Promovendus atas nama Dr. Mustamin, S.P., M.Kes. Dr. Mustamin adalah lulusan ke-212 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Model Capacity Building Sanro Sebagai Personal Reference Guna Keberhasilan Menyusui pada Suku Bugis Di Kabupaten Maros” adalah modul yang digunakan pada saat kegiatan capacity building dapat meningkatkan pengetahuan sanro. Peran sanro di masyarakat adalah sebagai personal reference yang mendampingi ibu saat hamil, saat melahirkan dan saat nifas guna keberhasilan menyusui pada suku Bugis di Kabupaten Maros.

Selain itu model capacity building sanro sebagai personal reference managemen laktasi dapat meningkatkan praktek Inisiasi Menyusu Dini (IMD) menjadi 100% pada kelompok intervensi dan mampu meningkatkan berat badan pada anak setelah usia 1 bulan.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dr. Mustamin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Dr. Mustamin juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

 

Kontributor: Arini Novianty

Leave a Reply