Analisis Parameter Antropometri, Adiponektin, Leptin dan Monocyte Chemoattractant Protein-1 (MCP-1) Plasma pada Obesitas Anak Usia Pre Pubertal dengan Resistensi Insulin menggunakan Indeks HOMA-IR

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Rabu tanggal 23 Juli 2019 dengan Promovendus atas nama Dr. Leersia Yusi Ratnawati, S.KM., M.Kes. Dr. Leersia adalah lulusan ke-211 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Cumlaude”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Analisis Parameter Antropometri, Adiponektin, Leptin dan Monocyte Chemoattractant Protein-1 (MCP-1) Plasma pada Obesitas Anak Usia Pre Pubertal dengan Resistensi Insulin menggunakan Indeks HOMA-IR” adalah adanya perbedaan parameter antropometri dan HOMA-IR antara kelompok obesitas dan kelompok non-obesitas, namun tidak ada perbedaan adiponektin, leptin, dan MCP-1 antara kelompok obesitas dan kelompok non-obesitas. Pada uji Pearson correlation menunjukkan bahwa adanya hubungan parameter antropometri dengan HOMA-IR, namun tidak ada hubungan dengan adiponektin, leptin, dan MCP-1.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dr. Leersia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Dr. Leersia juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

Kontributor: Tita Rismayanti

Leave a Reply