Self Management Bidan dalam 7 Langkah Varney Sebagai Mediator Dari Pengaruh Faktor Individu dan Psikologis

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Senin, tanggal 16 Juli 2019 dengan Promovendus atas nama Dr. Bringiwatty Batbual, S.Kep., Ns., M. Sc. Dr. Bringiwatty adalah lulusan ke-209 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Self Management Bidan dalam 7 Langkah Varney Sebagai Mediator Dari Pengaruh Faktor Individu dan Psikologis” adalah tujuh (7) langkah Varney yang biasa dipakai oleh bidan untuk melakukan asuhan kebidanan kepada klien diintegrasikan dengan self management dari Charles and Guys yang terdiri 8 tahapan. Hasil integrasi 2 pendekatan Varney dan pendekatan dari Charles and Guy ini ternyata mampu meningkatkan kinerja bidan. Jadi apabila hendak meningkatkan kinerja bidan selayaknya menggunakan kolaborasi 2 pendekatan varney dan Charles & Guy dengan teknik dan langkah tertentu sebagaimana yang sudah dicobakan pada penelitian ini.

Temuan lainnya adalah variabel baru hasil integrasi 7 langkah varney dengan 8 tahapan Charles & Guys mampu menjadi mediator dari variabel individu (usia, pendidikan, lama kerja, pelatihan, pengetahuan dan ketrampilan). Artinya variabel individu tersebut mampu meningkatkan kinerja Bidan apabila melalui  variabel mediator yang merupakan kolaborasi pendekatan 7 langkah Varney dan 8 tahapan Charles & Guys.

Selain itu temuan lainnya adalah variabel baru hasil integrasi 7 langkah Varney dengan 8 tahapan Charles & Guy mampu menjadi mediator dari variabel psikologis (sikap). Artinya variabel psikologis (Sikap) mampu meningkatkan kinerja bidan apabila melalui variabel mediator yang merupakan integrasi pendekatan 7 langkah Varney dan 8 tahapan Charles & Guys.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dr. Bringiwatty mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Dr. Bringiwatty juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

Kontributor: Arini Novianty

Leave a Reply