Model Strategi Komunikasi Kesertaan Keluarga Berencana Metode Alat Kontrasepsi dalam Rahim dan Implan berdasarkan Wilayah Budaya Mataraman, Arek, dan Madura di Jawa Timur

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Rabu tanggal 11 Juli 2019 dengan Promovendus atas nama Dr. Annisa Ullya Rasyida, dr., M.Si. Dr. Annisa adalah lulusan ke-207 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Cumlaude”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Model Strategi Komunikasi Kesertaan Keluarga Berencana Metode Alat Kontrasepsi dalam Rahim dan Implan berdasarkan Wilayah Budaya Mataraman, Arek, dan Madura di Jawa Timur” adalah adanya penyampaian pesan konsultasi konsolidasi menggunakan kombinasi Bahasa lokal. Modal budaya dan sosial dapat mempengaruhi partisipasi keluarga berencana tanpa pemberhentian metode AKDR/Implan di wilayah Mataraman dan Arek, kecuali Madura, hanya modal budayanya saja.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dr. Annisa mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Dr. Annisa juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

Kontributor: Tita Rismayanti

Leave a Reply