Model Karakter Sehat dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Siswa SMU di Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor  Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Rabu tanggal 10 Juli 2019 dengan Promovendus atas nama Dr. Syamsul Firdaus, S.Kp., M.Kes. Dr. Syamsul adalah lulusan ke-206 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Model Karakter Sehat dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Siswa SMU di Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan” adalah model karakter sehat dalam penyalahgunaan narkoba siswa SMU.

Konsep diri berpengaruh secara langsung terhadap karakter sehat. Hal ini berarti bahwa karakter sehat sisa SMU akan lebih baik jika siswa mempunyai konsep diri yang positif. Terdapat pengaruh antara karakter sehat terhadap intensi penyalahgunaan narkoba. Hal ini berarti bahwa karakter sehat merupakan variable yang kuat untuk mencegah keinginan penyalahgunaan narkoba siswa SMU

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dr. Syamsul mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Doktor Syamsul juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM.

Kontributor: Tita Rismayanti

Leave a Reply