Lulusan S3 Kesehatan Masyarakat Temukan Model Keperawatan Keluarga Berbasis Spiritual dengan Pendekatan Family Centered Nursing dalam Meningkatkan Kesehatan Keluarga Pasien Kusta

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Selasa, tanggal 18 Juni 2019 dengan promovendus atas nama Dr. Nasrudin, S.KM., M.Kes. Doktor Nasrudin adalah lulusan ke 200 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM Unair yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Dengan Pujian/ Cum Laude”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Model Keperawatan Keluarga Berbasis Spiritual Dengan Pendekatan Family Centered Nursing Dalam Meningkatkan Kesehatan Keluarga Pasien Kusta” adalah model struktural dan model intervensi keperawatan keluarga berbasis spiritual dalam meningkatkan kesehatan keluarga pasien kusta. Temuan model struktural terdapat faktor keluarga meliputi presepsi keluarga, dukungan keluarga, dan beban keluarga yang berkontribusi secara langsung meningkatkan kemampuan keluarga melakukan perawatan kesehatan keluarga berbasis keluarga yang berdampak pada peningkatan kesehatan keluarga

Faktor keluarga sangat berkontribusi meningkatkan stress keluarga. Pengaruh faktor keluarga terhadap kesehatan keluarga akan berkurang kontribusinya jika keluarga mengalami stress dan ketidakmampuan keluarga dalam melakukan perawatan keluarga berbasis spiritual.

Model intervensi kepada keluarga dengan menggunakan teknik kunjungan rumah, konseling dan pendampingan menggunakan modul keperawtan keluarga berbasis spiritual. Modui yang dijadikan perlakuan keluarga bertujuan meningkatkan kemampuan keluarga dalam melakukan fungsi keperawatan keluarga dan berisi materi penguatan religious dan spiritual coping dalam melakukan perawatan pasien kusta.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dokter Nasrudin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Doktor Nasrudin juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

Kontributor: Dwi Ratna Paramitha

Leave a Reply