Lulusan S3 Kesehatan Masyarakat Kembangkan Model Kinerja PMO (Pengawas Menelan Obat) Berdasarkan Tradisi Tudang Sipulung Dalam Upaya Pengobatan Penderita Tuberkulosis di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Parepare.

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Selasa, tanggal 30 April 2019 dengan Promovendus atas nama Dr. Syarifuddin, S.Pd., S.Kep., M.M.Kes. Dr. Syarifuddin adalah lulusan ke-198 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Pengembangan Model Kinerja PMO (Pengawas Menelan Obat) Berdasarkan Tradisi Tudang Sipulung dalam Upaya Pengobatan Penderita Tuberkulosis di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Parepare” adalah tradisi Tudang Sipulung melalui pengetahuan, sikap dan tindakan berpengaruh langsung terhadap kinerja PMO. Faktor pengetahuan dan tindakan mempunyai pengaruh yag signifikan terhadap kinerja PMO. Faktor sikap mempunyai pengaruh yang signifikan dengan kerentanan dan hambatan, sedangkan tindakan berpengaruh terhadap manfaat.

Model yang ditemukan dalam tradisi Tudang Sipulung terhadap kinerja pengawas menelan obat dengan penerapan nilai – nilai dalam tradisi Tudang Sipulung yaitu : ada Tonggeng, Getting dan Sipakatau dengan melaksanakan kegiatan di bidang kesehatan dalam upaya meningkatkan kinerja Pengawas Menelan Obat (PMO) terhadap kepatuhan  penderita tuberkulosis paru.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dr. Syarifuddin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Dr. Syarifuddin juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

Kontributor: Arini Novianty

Leave a Reply