LULUSAN DOKTOR FKM UNAIR KEMBANGKAN MODEL PEOPLE EQUITY UNTUK MENINGKATKAN INTENTION TO STAY KARYAWAN

0

Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga baru saja meluluskan doktor ke 190 pada Ujian Doktor Terbuka, Hari Kamis (31/01/19) atas nama Tatin Wahyanto. Lulusan doktor kali ini mengambil judul disertasi “Model People Equity Dalam Upaya Meningkatkan Intention to Stay Karyawan di Rumah Sakit”.

“Peran dan fungsi Rumah Sakit yang sangat kompleks menuntut tersedianya sumberdaya manusia dalam Rumah Sakit yang kompeten. Akan tetapi, kinerja Rumah Sakit yang sudah bagus terhambat oleh adanya Turnover atau keputusan karyawan untuk meninggalkan pekerjaannya. Di Indonesia, tingkat turnover masih sangat tinggi yang terjadi di beberapa Rumah Sakit yang masih melebihi standar. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsep yang bisa digunakan untuk mengurangi intention to leave karyawan yang dikenal dengan people equity.”, tutur Tatin Wahyanto dalam menjelaskan latar belakang disertasinya.

Doktor Tatin merupakan Kepala Bagian Administrasi dan Umum RS. Muji Rahayu Surabaya, yang sebelumnya juga telah menempuh pendidikan Magister di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya. Selain melakukan penelitian disertasi, Dr. Tatin juga berhasil membuat beberapa karya ilmiah yang telah dipublikasikan dalam jurnal maupun kegiatan ilmiah baik nasional maupun internasional.

Hasil penelitian disertasi menunjukkan bahwa Faktor people equity berpengaruh langsung terhadap Intention to Stay karyawan.  Faktor ini dibentuk oleh Alignment, Capabilty, dan Engagement. Oleh karena itu, ketiga faktor tersebut memberikan pengaruh terhadap keberhasilan bisnis organisasi.

Model People Equity terbukti berdampak signifikan terhadap peningkatan intention to stay karyawan, melalui peningkatan training and development, pengembangan karir, happiness at work, dan peningkatan dukungan keluarga.

Harapan Dr. Tatin, kedepannya Model people equity ini dapat diimplementasikan dalam meningkatkan Human Resource System. Selain itu, model ini dapat dijadikan dasar evaluasi dalam pembinaan karyawan yang dapat meningkatkan intention to stay.

Reporter : Fathiyah Rahmah

Leave a Reply