LULUSAN DOKTOR FKM UNAIR KEMBANGKAN MODEL INTENTION TO STAY UNTUK TENAGA PERAWAT

0

Dr. Nurmiati Muchlis, S.KM., M.Kes.

Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga baru saja meluluskan doktor ke 180 pada Ujian Doktor Terbuka, Hari Selasa (07/08/18) atas nama Nurmiati Muchlis. Lulusan doktor kali ini mengambil judul disertasi “Pengembangan Model Intention to Stay Tenaga Perawat di Kota Makassar”.

“Peningkatan kebutuhan pelayanan kesehatan di Indonesia mendorong peningkatan pembangunan rumah sakit yang signifikan. Tingginya turnover rate perawat menjadi salah satu permasalahan yang menghambat kontinuitas pelayanan dan menimbulkan kerugian. Untuk itu, organisasi perlu melakukan kajian khusus mengenai penyebab tingginya turnover di Rumah Sakit”, tutur Nurmiati Muchlis dalam menjelaskan latar belakang disertasinya.

Doktor Nurmiati merupakan salah satu dosen di Universitas Muslim Indonesia, Makassar yang sebelumnya juga telah menempuh pendidikan Magister di Universitas Hasanuddin, Makassar. Selain melakukan penelitian disertasi, Dr. Nurmiati juga berhasil membuat buku yang berjudul Religiusitas dan Perilaku Organisasi.

Hasil penelitian disertasi menunjukkan bahwa niat perawat untuk tetap bertahan (Intention to Stay) ditentukan oleh perceived internal respect, komitmen organisasi, identitas organisasi, job security yang baik, kepuasan kerja, dan perceived internal prestige. Selain itu, Aspek perceived internal respect merupakan prediktor terbaik intention to stay.

Peningkatan perceived internal respect terbukti sebagai determinan utama dalam Model intention to stay. Selain itu, hal ini juga mendukung pihak manajemen dalam upaya pengendalian turnover rate perawat di Rumah Sakit.

Harapan Dr. Nurmiati, kedepannya dapat memberikan pengetahuan baru tentang pentingnya peranan perceived internal respect dalam model intention to stay, yang nantinya dapat diimplementasikan secara sistematis dan berkesinambungan dengan melibatkan pihak manajemen Rumah Sakit.

Reporter : Fathiyah Rahmah

Leave a Reply