Lulusan Doktor FKM Unair Temukan Konsep Ilmiah Baru dalam Kelulusan Uji Kompetensi Keperawatan

0

FKM NEWS-Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga berhasil meluluskan doktor ke-175 pada Ujian Doktor Terbuka, Hari Rabu (25/07/18) atas nama Muhammad Nur. Doktor Muhammad Nur merupakan lektor kepala di Poltekkes Kemenkes Makassar yang telah menerbitkan beberapa buku, salah satu karya bukunya adalah ‘Konsep Diri Membentuk Perilaku Belajar’. Doktor Muhammad Nur juga mendapatkan banyak penghargaan, penghargaan yang paling tinggi ia raih adalah Satyalancana Karya Satya pada tahun 2007 dan 2012 yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia. Lulusan doktor kali ini mengambil judul disertasi “Pengaruh Diri Ideal Terhadap Kelulusan Uji Kompetensi D3 Keperawatan di Makassar”.

Kualitas pelayanan kesehatan terutama ditentukan oleh kualitas dari perawat. Hasil uji kompetensi yang rendah adalah gambaran nyata dari kemampuan perawat freshgraduated. Kegagalan dalam uji kompetensi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan semua factor yang berkontribusi di dalamnya termasuk ideal self. Tujuan penelitian dari Doktor Muhammad Nur adalah untuk membuktikan pengaruh ideal self terhadap keberhasilan dalam uji kompetensi lulusan D3 Keperawatan.

Hasil dari penelitian doktor Muhammad Nur ini adalah ideal self secara tidak langsung berpengaruh pada keberhasilan uji kompetensi. Uji kompetensi dengan metode tes tertulis tidak mencerminkan kemampuan akademik yang komprehensif. Uji kompetensi D3 Keperawatan harus dilakukan dengan ujian tertulis dan praktik untuk memastikan hasilnya. Dari penelitian ini didapat konsep ilmiah baru bahwa diri ideal sebagai bagian dari teori diri, motivasi, tujuan akademik, adaptasi belajar mempengaruhi kelulusan uji kompetensi D3 Keperawatan.

Doktor Muhammad Nur berharap perguruan tinggi khususnya pengelola program studi prodi D3 Keperawatan dapat memanfaatkan hasil penelitiannya dalam menganalisis kelulusan uji kompetensi.

Reporter: Pebriarti Riski Ramadani

Leave a Reply