Penemuan Model yang Terintegrasi, KKCS (Kemandirian Keluarga COMBI Social Capital) oleh Lulusan Doktor FKM Universitas Airlangga

0

Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada tanggal 24 Juli 2018 dengan promovendusnya adalah atas nama Dr. H. Bahtiar, S.KM., S.Kep., Ns., M.Kes. Doktor Bahtiar adalah lulusan ke 174 dari Program Studi Doktor FKM Unair yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Model Kemandirian Keluarga dalam Perawatan Lansia Berdasarkan Communication Behavioural of Impact (COMBI) dan Social Capital di Makassar 2016” adalah integrasi model COMBI dan teori Social Capital Pada kemandirian keluarga dalam perawatan lansia, yang disebut dengan model KKCS (Kemandirian Keluarga COMBI Social Capital). Model KKCS dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian keluarga di Kota Makassar berfokus pada keluarga dengan anggota keluarga lansia.

Faktor keluarga dan COMBI memiliki pengaruh secara langsung terhadap kemandirian keluarga dalam memberikan perawatan kepada lansia. Kemudian faktor social capital juga memiliki pengaruh walaupun tidak secara langsung. Sehingga Model KKCS memiliki peran penting terkait peningkatan kemandirian keluarga dalam memberikan perawatan lansia.

Keberhasilan Doktor sekaligus Pegawai Negeri Sipil, yang telah memperoleh perhargaan dari Presiden Republik Indonesia berupa Satya Lencana Karya Satya XXX ini, disokong oleh dorongan dari setiap dosen pembimbing selama penyusunan disertasi. Serta peran keluarga yang sangat suportif untuk selalu mendampingi dan menyemangati untuk dapat segera menyelesaikan studi pendidikan doktor ini dengan banyaknya tugas yang menumpuk selama empat tahun terakhir dalam masa studi ini.

Reporter: Ratna Maya

Leave a Reply