Pengembangan Model Social Capital dalam Program Dana Sosial Ibu Bersalin

FKM NEWS-Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada tanggal 12 Juli 2018 dengan promovendusnya adalah atas nama Dr. Lusyta Puri Ardhiyanti, S.ST., M.Kes. Doktor Lusyta adalah lulusan ke 171 dari Program Studi Doktor FKM Unair yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “ Pengembangan Model Social Capital dalam Program Dana Sosial Ibu Bersalin” adalah pengembangan model Social Capital menunjukkan bahwa Program Dana Sosial Ibu Bersalin (Dasolin) dapat ditingkatkan melalui model Social Capital dengan tiga variabel utama, yaitu trust (kepercayaan), norm (norma), dan networking (jejaring) di Desa Mlaras, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

Variabel trust yang paling dominan berpengaruh adalah jujur, variabel norm yang paling dominan berpengaruh adalah nilai, dan variabel network yang paling dominan berpengaruh adalah jujur. Ketiga hal ini harus mampu dikedepankan ketika ingin meningkatkan social capital masyarakat Desa Mlaras guna melaksanakan kembali program Dasolin. Program Dasolin sesungguhnya pernah berjalan di Desa Mlaras namun mulai tahun 2012 sampai tahun 2016 sudah berhenti karena cakupannya menurun hingga 0%.

Ketika jika dalam diri setiap individu warga Desa Mlirih tertanam kejujuran maka warga akan menjunjung tinggi nilai yang berlaku di masyarakat sehingga akan terbentuk suatu interaksi yang mampu menggerakkan kembali tersenggelarannya Dasolin.

Keberhasilan ini disokong oleh perilaku suportif dari kolega kerja sesama dosen dan petinggi dari STIKES ICME Jombang. Melalui ujian terbuka ini, “Saya persembahkan keberhasilan ini kepada orang tua, suami, dan para promotor”, ujar Doktor Lusyta. Pemberian ucapan terima kasih menjadi penuh haru setelah Doktor Lusyta mengucapkan terima kasih yang diikuti dengan tetesan air mata kepada ayah dan Promotor pertama beliau, Prof. Dr. Laurentius Dyson P., Drs., MA., yang telah meninggal dunia selama proses studi doktoral berjalan.

 

 

About the author

Newsroom FKM NEWS

Leave a Reply