Lulusan S3 Kesehatan Masyarakat Hasilkan Model Perilaku Pencegahan Luka Kaki Diabetes

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Senin, 3 Februari 2020 dengan promovendus atas nama Dr. Nasrun Pakaya, S.Kep., Ns., M.Kep. Topik yang diangkat dalam disertasinya adalah tentang pencegahan luka kaki pada penderita diabetes. Dr. Nasrun Pakaya adalah lulusan ke-233 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Dengan Pujian (Cumlaude)”.

Temuan baru dari disertasi yang berjudul “Model Perilaku Pencegahan Luka Kaki Diabetes di Kota Gorontalo” adalah:

  1. Model perilaku pencegahan luka kaki diabetes menunjukkan bahwa tindakan pencegahan luka kaki diabetes dipengaruhi oleh dukungan sosial dan faktor psikososial.
  2. Adanya hubungan motivasi dengan intention pasien dalam pencegahan luka kaki diabetes

Dalam Ujian Doktor Terbuka tersebut, Dr. Santi Martini, dr., M.Kes. selaku Pimpinan Sidang menyampaikan bahwa Diabetes Mellitus yang dijuluki sebagai ibunya penyakit memang dapat menyebabkan komplikasi, diharapkan disertasi yang dihasilkan oleh Dr. Nasrun Pakaya akan memberikan kontribusi untuk mengurangi komplikasi tersebut.

Suasana haru terasa ketika Dr. Nasrun Pakaya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada keluarga yang ddengan sabar menunggu momen Ujian Terbuka sebagai puncak penyelesain Disertasi.

 

Kontributor: Nur Adelia Septiana Devi

Editor: Dian Fristyawati

Leave a Reply