Lulusan S3 Kesehatan Masyarakat Ciptakan Kartu Skor untuk Penemuan Dini Work Related Diseases pada Petani Tembakau

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Kamis, 20 Januari 2020 dengan Promovendus atas nama Dr. Anita Dewi Prahastuti Sujoso, S.KM., M.Sc.  Dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Uiversitas Jember ini merupakan lulusan ke-232 yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Dengan Pujian (Cumlaude)”.

Disertasi yang bersangkutan berjudul “Indeks Prediktif Penemuan Dini Work Related Diseases pada Petani Tembakau di Kabupaten Jember” menghasilkan Indeks Predektif dan Kartu Skor sebagai temuan baru (novelty).

Kartu skor Work Related Diseases yang dihasilkan pada penelitian ini adalah suatu instrumen baru dalam mendeteksi  work related diseases yang sebelumnya belum pernah ada, sehingga belum ada gold standard. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen yang baru digunakan, dilakukan dengan uji coba kuesioner terhadap 30 orang responden dan dapat juga digunakan untuk mengetahui nilai sensifitas dan spesifisitasnya.

Kartu skor yang dihasilkan dalam penelitian ini  adalah model terbaik yang dihasilkan dari variabel-variabel yang telah diteliti. Kartu skor ini  nanti akan digunakan sebagai instrumen bagi pelaksana surveilans kesehatan kerja sebagai screening awal untuk mendapatkan populasi kelompok  pekerja yang beresiko tinggi terhadap work related diseases, sehingga program promosi kesehatan kerja bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Suasana haru terasa ketika Dr. Anita mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada keluarga. Temuan baru yang dihasilkan diharapkan akan mengurangi kejadian penyakit akibat kerja, khususnya pada petani tembakau.

 

Kontributor    : Nur Adelia Septiana Devi

Editor              : Dian Fristyawati

Leave a Reply