Pengembangan Model Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Perspektif Budaya Kualitas dan Budaya Keselamatan

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Senin tanggal 24 Juni 2019 dengan promovendus atas nama Dr. Tjatur Sembodo, dr., M.S. Doktor Tjatur adalah lulusan ke 202 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Pengembangan Model Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Perspektif Budaya Kualitas dan Budaya Keselamatan” adalah model kualitas pelayanan dengan perspektif budaya kualitas dan budaya keselamatan.

Adapun model kualitas  pelayanan yakni daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), bukti fisik (Tangiable), empati (Empathy0, dan kehandalan (Reliability), setelah ditambah Budaya Kualitas dan Budaya Keselamatan sebagai budaya organisasi rumah sakit yang merupakan luaran penerapan akreditasi rumah sakit, berpengaruh meningkatkan koefisien jalur antar variabel.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Doktor Tjatur mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Doktor Tjatur juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

Kontributor: Tita Rismayanti

Leave a Reply