Indeks Risiko Pencegahan Persalinan Lama atau Persalinan Macet untuk Skrining dalam Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu

0

FKM News – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Rabu tanggal 24 April 2019 dengan promovendus atas nama Dr. Yuanita Clara Luhi Rogaleli, S.Si., M.Kes.. Doktor Yuanita adalah lulusan ke 196 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM Unair yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Dengan Pujian/ Cum Laude”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Indeks Risiko Pencegahan Persalinan Lama atau Persalinan Macet untuk Skrining dalam Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu (Studi di Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan Pendekatan Multivariate Adaptive Regression Splines)” adalah penggunaan pendekatan MARS dalam pengembangan model prediksi untuk menemukan struktur adiktif serta interaksi diantara faktor risiko. Bentuk model MARS terbaik yang dihasilkan merupakan serangkaian fungsi spline sebagai pemulus, dimana penempatan dan banyaknya knot ditentukan secara otomatis oleh data dengan menggunakan modifikasi algoritma recursive partitioning berdasarkan nilai GCV minimum.

Indikator dan knot yang dihasilkan dari model MARS tersebut digunakan sebagai dasar dalam penyusunan formulasi indeks berbasis sistem scoring yang mampu memprediksi kemungkinan kejadian persalinan lama dan persalinan macet secara valid dan akurat. Instrumen ini berguna sebagai skrining persalinan pada akhir masa kehamilan atau sebelum proses persalinan dimulai. Sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan petugas kesehatan dalam memantau persalinan, mencegah terjadinya rjukan terlambat serta seagai upaya untuk menurunkan AKI.

Suasana haru menyelimuti ruangan ketika Dokter Yuanita mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancaran disertasi, terutama kepada orang tua dan keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Dokter Yuanita juga menyampaikan bahwa kecintaannya kepada UNAIR, terutama FKM, yang mengantarkan beliau untuk ingin melanjutkan studi doktoral di FKM.

Kontributor: Dwi Ratna Paramitha

Leave a Reply